Adu Kelebihan Plafon GRC vs PVC. Manakah yang Lebih Baik?

Adu Kelebihan Plafon GRC vs PVC

Plafon saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk setiap bangunan. Baik gedung maupun perumahan. Plafon sendiri dianggap mampu menambah nilai keindahan dan kerapian sebuah ruangan, fungsi lainnya palfon mampu memblokir suara dari luar sehingga ruangan lebih kedap suara.

Perbedaan Plafon GRC dengan Plafon PVC 

Memilih material plafon tidak boleh sembarangan. Sebab plafon yang baik haruslah tahan lama, berkualitas baik, dan terjangkau. Adapun jenis material yang sering digunakan adalah GRC dan PVC, diantara keduanya manakah yang lebih baik? Mari simak ulasan berikut ini!

Material GRC

Adu Kelebihan Plafon GRC vs PVC

​​​​​​GRC merupakan singkatan dari glassfiber reinforced cement yang terbuat dari campuran semen dan serat fiber, hampir sama seperti adonan beton, perbedaannya dapat dilihat dari bentuk grc yang pipih dan seperti lembaran serta memiliki bobot ringan, oleh sebab itu banyak sekali orang yang menggunakan palfon grc sebagai pemanis ruangannya. Eits tapi tidak hanya itu lo kelebihannya, penasaran apa dia? Ini dia bocorannya.

  1. Tahan air. Plafon wajib sekali tahan terhadap air dan suhu rendah, sebab posisinya yang bersinggungan dengan atap rawan sekali terkena tetesan air hujan, atau embun. Oleh sebab itu plafon grc seringkali dipakai pada kamar mandi,  dapur, ruangan semi outdoor dan tempat-tempat lainnya.
  2. Tahan api dan panas. Ketika cuaca panas plafon ini mampu meredam panas, selain itu material satu ini tahan terhadap api sehingga meminimalisir terjadinya kebakaran.
  3. Ramah lingkungan, sangat aman digunakan pada ruangan anak sebab materialnya tidak mengandung zat berbahaya.
  4. Fleksibel, atau mudah di bentuk, anda bebas memotong motong bagian grc dan menyusunnya sesuai pola yang sudah ditentukan.
  5. Ringan, mudah dipasang, dan cepat.
  6. Murah, harga plafon grc sendiri biasanya dibanderol mulai dari Rp 50.000 – Rp 200.000 tergantung dari ketebalannya. Sangat bersahabat bukan dengan dompet anda.
  7. Ramah lingkungan, sebab jika plafon rusak dan diganti, material ini dapat di daur ulang kembali. Jadi potensi penumpukan limbah dapat dikendalikan.

Material PVC

Adu Kelebihan Plafon GRC vs PVC

Jika mendengar kata PVC banyak orang yang beranggapan jika material ini biasa dijadikan pipa atau peralon. Namun tahukan anda, di era modern ini banyak sekali orang yang menggunakan PVC sebagai pilihan alternatif plafon, kok bisa ya?

Nah, PVC atau polyvinly cloride ini banyak dipilih sebagai palfon bukan tanpa alasan looh. Ada banyak kelebihan yang tak akan anda dapatkan dari material lain seperti berikut ini :

  1. Anti rayap, sebab berbahan dasar polimer membuat palfon satu ini kebal terhadap rayap. Selain itu tidak ada rayap yang doyan makan plastik.
  2. Anti air, terkenal sebagai pipa tentu plafon PVC memiliki kekedapan yang sangat baik terhadap air. Oleh sebab itu palfon ini sangat cocok digunakan pada ruangan yang memiliki tingkat kelembaban tinggi.
  3. Memiliki corak motif yang beragam, misalnya motif kayu dan garis. Selain itu anda juga bebas membentuk dan menyambung material sesuka hati sesuai dengan corak yang diinginkan.
  4. Tahan lama, jika perawatannya baik dan benar plafon ini mampu bertahan hingga puluhan tahun, sebab palfon PVC tahan terhadap korosi serta rayap.
  5. Biaya perawatan murah dan mudah.
  6. Mudah dipasang karena memiliki fleksibilitas yang tinggi serta bobot yang ringan, sehingga dapat dipasang sendiri tanpa bantuan banyak orang serta membutuhkan waktu yang relatif singkat.

Apapun jenis plafon yang hendak anda gunakan sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *