Cara Memasang Plafon Akustik Sendiri di Tempat Anda

Cara Memasang Plafon Akustik

Terkadang, Anda perlu mengekspresikan diri dengan memutar musik atau radio keras-keras di rumah sendiri untuk melepaskan stres. Akan tetapi, dilema kenyataan yang terjadi adalah bahwa perbuatan Anda tersebut dapat mengganggu tetangga sekitar, sehingga banyak yang harus dipertimbangkan ketika ingin melakukan aktivitas tersebut. Atau Anda mungkin membutuhkan ketenangan tapi komplek rumah terlalu berisik dengan suara kendaraan yang berlalu-lalang. Semuanya jadi serba salah.

Sekarang, zaman sudah semakin berkembang dan rumah dapat mengembangkan sistem soundproof atau kedap suara. Dengan mengembangkan rumah seperti studio, Anda akan menciptakan suasana yang dapat meredam kebisingan.

Pernahkah Anda berjalan-jalan ke sebuah studio musik yang menjadi tempat rekaman lagu? Ya, Anda tidak bisa mendengar suaranya dari luar karena sistem studio itu sudah kedap suara, dari studio pun keributan di luar tidak akan terdengar.

Sekarang, bagaimana cara Anda mengubah rumah Anda menjadi tempat yang kedap suara? Tentu saja, salah satu caranya adalah menerapkan plafon akustik di langit-langit rumah. Plafon ini menjadi pilihan banyak orang untuk meredam suara yang mengganggu aktivitas di rumah.

Pengaplikasian acoustic ceiling akan menahan batas ambang kebisingan dan meminimalisirnya untuk menciptakan suasana yang tenang walau di ruang lain berisik.

Nah, sekarang bagaimana Anda akan menerapkan plafon akustik itu sendiri? Bila Anda memanggil tukang, ada biaya besar yang harus dikeluarkan. Yakinkan pada diri Anda bahwa tidak mustahil untuk melakukan instalasi acoustic ceiling sendiri di rumah.

Maka dari itu, kami akan membagikan kepada Anda tentang langkah-langkah pemasangan plafon peredam suara sendiri di rumah. Dengan tangan sendiri, ciptakanlah sistem rumah yang soundproof dan membebaskan Anda untuk mengekspresikan diri sendiri.

Inilah Langkah-langkah Memasang Plafon Akustik Secara Mandiri di Tempat Anda

Cara Memasang Plafon Akustik

1. Siapkanlah bahan-bahan yang dibutuhkan.

Sebelum Anda mulai bekerja, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan perkakas dan perlengkapan yang dibutuhkan. Di antaranya adalah:

  • Gergaji besi
  • Kawat Gantungan Kerangka
  • Bor Listrik
  • Papan Gypsum
  • Sekrup Gypsum
  • Cutter
  • Hollow 2 x 4 cm dan 4 x 4 cm
  • Paku Beton
  • Martil Meteran Gunting Hollow Tang
  • Selang timbang
  • Wallangel

2. Mulailah dengan mengukur ruangan.

Setelah memastikan perlengkapan siap, pertama-tama Anda harus mengukur ruangan Anda menggunakan selang timbang. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan calon plafon dengan langit-langit ruangan.

3. Pasanglah wallangel.

Bila Anda sudah menemukan angka yang menunjukkan luas ruangan, pasanglah wallangel di sekeliling langit ruangan. Cara memasangnya adalah memakunya dengan paku beton yang telah Anda siapkan.

4. Mulai menggunakan hollow.

Jika pemasangan wallangel sudah selesai, mulailah memanfaatkan hollow atau besi batangan berongga yang Anda miliki. Pasang hollow  2 x 4 cm pada wallangel per 60 cm. Setelah itu, lapisi di atasnya dengan pemasangan hollow 4 x 4 cm pada wallangel per 100 cm. Ini dilakukan dalam proses pembuatan rangka plafon.

5. Gunakan kawat gantungan kerangka.

Selanjutnya adalah memasangkan gantungan kawat atau dinabolt ke dak beton atau baja ringan. Gantungkan tepat pada cross hollow 4 x 4 yang terpasang pada wallangel dengan selisih per 100 – 110 cm. Pokoknya, atur dan sesuaikan sampai mencakup flat seluruh ruangan.

6. Pasangkan papan gypsum.

Nah, inilah langkah yang paling mudah setelah langkah-langkah yang lumayan rumit sebelumnya. Pasangkan papan gypsum pada kerangka hollow yang sudah Anda buat sebelumnya.

Nah, plafon akustik Anda sudah bisa digunakan untuk membuat ruangan Anda soundproof. Demikian langkah-langkah memasang plafon peredam suara sendiri di rumah. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *